Apakah Kejutan Pada UEFA Euro 2016 di Prancis

Apakah Kejutan Pada UEFA Euro 2016 di Prancis – Kita sekarang berada di bulan desember tahun 2015, lalu ada apa rupanya? Artinya tahun depan yaitu pada tahun 2016 akan digelar piala eropa yang ke 15 yaitu di Prancis. Setelah 2 tahun lalu kita dihibur oleh penampilan dan skill-skill menawan dari berbagai pemain piala dunia 2014 di Brasil, kini tak lama lagi kita akan kedatangan kejuaraan yang tidak kalah serunya dengan piala dunia, yaitu UEFA EURO 2016.

Memang dari atmosfir maupun kemeriahan, piala dunia masih jauh lebih meriah dibandingkan dengan piala eropa. Kenapa? Karena piala dunia itu yang bermain seluruh dunia, seluruh benua, benua Asia, benua Afrika, benua Australia, benua Amerika, benua Eropa dan semuanya. Sedangkan piala eropa hanya terkhusus bagi negara-negara eropa saja. Jadi Brasil, Argentina, Uruguay, Chili, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Jepang dan Indonesia tidak akan ikut berkompetisi di piala eropa ini.

Berbicara mengenai piala eropa, piala eropa umurnya 30 tahun lebih muda daripada piala dunia, atau dengan kata lain piala eropa mulai digelar pada tahun 1960 dengan sistem 4 tahun sekali (sama seperti piala dunia).

Pada tahun 1960 yang mana pertama kali menjadi tuan rumah kejuaraan piala eropa adalah negara Prancis, pada waktu itu juaranya adalah Uni Soviet, jadi Uni Soviet adalah negara pertama yang memenangkan kejuaraan piala eropa atau kita sebut sekarang dengan nama piala euro.

Dan semenjak tahun 1960, sudah berlangsung 14 kali piala eropa dan terakhir digelar di Polandia dan Ukraina dan juaranya adalah Spanyol. Rekor dari piala eropa ini adalah Spanyol satu-satunya tim yang berhasil mempertahankan gelar juara piala euro nya, yaitu pada tahun 2008 di Austria dan Swiss dan pada tahun 2012 di Polandia dan Ukraina.

200

Apakah Kejutan Pada UEFA Euro 2016 di Prancis

Kita kembali ke topik tentang euro 2016, Jauh-jauh sebelum itu Prancis telah ditetapkan semenjak tahun 2010, tepatnya pada tanggal 28 Mei tahun 2010. Kenapa begitu cepat sekali UEFA menentukan penentuan tuan rumahnya? Karena agar sang tuan rumah betul-betul mempersiapkan baik itu fisik, psikis, dan semua hal yang berkaitan dengan kompetisi, maka tidak heran jika UEFA 6 tahun sebelum digelar untuk diberitahu dulu.

Euro 2016 ini akan dilakukan saat musim panas yaitu sekitar pertengahan tahun. Lalu bagaimana kita di Indonesia atau jauh dari Prancis yang tidak bisa menontonnya langsung di Prancis? Tenang saja, euro 2016 nantinya akan disiarkan semua pertandingan lengkapnya secara live yaitu secara langsung oleh RCTI TV, Indovision, Global TV, iNews TV, MNCTV dan tidak kelewatan juga MNC Sports. Jadi para pecinta sepakbola dunia jangan khawatir karena takut tidak bisa menontonnya.

Pihak Indonesia sudah jauh-jauh hari juga meminta kerja samanya dengan pihak di sana. Rencananya piala euro 2016 ini akan digelar selama 1 bulan penuh, yaitu dari pembukaan pada tanggal 10 Juni 2016 sampai dengan tanggal 10 Juli 2016. Ternyata cukup lama ya.

Rekor tim pengoleksi gelar euro terbanyak masih dipegang oleh Jerman dan Spanyol dengan 3 kali juara. Berbicara tentang gelar, kita juga berbicara dengan top skor terbanyak sepanjang sejarah piala eropa. Siapakah dia? Dialah presiden UEFA sekarang yaitu Michel Platini yang dulu memperkuat timnas Prancis dan berhasil mencetak 9 gol dalam 5 pertandingan, diikuti oleh Alan Shearer dari Inggris yang membekukan 7 gol dari 9 penampilannya membela Inggris di piala eropa.

Apakah Kejutan Pada UEFA Euro 2016 di Prancis kali ini? Kita lihat saja dalam 6 bulan ke depan ini. Jadi kita bisa memantau dan mencari tau tentang peserta-pesertanya dan update terbaru tentang stadion yang akan digunakan dalam partai-partai yang akan dilaksanakan di Prancis itu. Sebanyak 24 tim akan berpacu dan berusaha menjadi yang nomor 1 di euro kali ini. Siapakah jagoan anda? Spanyol kah yang merupakan 2 kali juara berturut-turut? Ataukah Jerman? Juara bertahan piala dunia. Ataukah sang tuan rumah Prancis? Itu terserah anda, tetapi sebaiknya anda pertimbangkanlah lagi negara pilihan anda sebelum nanti tahun depan anda menyesal dan diejek oleh teman-teman anda. Semoga tim kesayangan anda menang di euro 2016 kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *