Beberapa Masalah Real Madrid Yang Wajib Diselesaikan Zidane

Beberapa Masalah Real Madrid Yang Wajib Diselesaikan Zidane

Beberapa Masalah Real Madrid Yang Wajib Diselesaikan Zidane
Beberapa Masalah Real Madrid Yang Wajib Diselesaikan Zidane

Tugas berat mulai dirasakan oleh Zinedine Zidane sebagai manajer Real Madrid. Setelah bermain imbang 1 – 1 melawan Real Betis pekan lalu; kini Real Madrid nyaris kehilangan 50% dari keseluruhan poin yang bisa dikumpulkan sepanjang musim ini. Kondisi tersebut membuat peluang Real Madrid untuk memenangan gelar juara La Liga menjadi semakin tipis. Setelah mengalami diskualifikasi di turnamen Copa del Rey karena masalah administrasi pemain; maka tinggal gelar juara La Liga dan Liga Champions Eropa yang mungkin dimenangkan Real Madrid di musim ini. Ketika peluang memenangkan La Liga semakin tipis; peluang Real Madrid untuk menjadi juara Eropa masih terbuka. El Real memiliki catatan sukses di Eropa ketika gagal di kompetisi domestik di masa lalu.

Tugas Beras Zinedine Zidane Di Kompetisi Domestik

Sejarah memang membuktikan Real Madrid mampu berprestasi bagus di kompetisi Eropa saat tampil kurang memuaskan di La Liga. Kondisi tersebut sepertinya tetap ingin dihindari oleh Zidane dan mengangkat performa Cristiano Ronaldo dan kawan – kawan di kompetisi domestik menjadi sebuah keharusan. Pertandingan melawan AS Roma di lanjutan Liga Champions Eropa telah menanti pada beberapa pekan mendatang. Real Madrid akan bertandang ke Stadion Olimpico di kota Roma pada leg pertama. Penampilan AS Roma sejak kembalinya Luciano Spalletti terbilang sangat baik; fakta tersebut pantas membuat Zinedine Zidane waspada jika tidak ingin kehilangan peluang menjadi juara Liga Champions Eropa musim ini.

Ada beberapa hal yang pantas menjadi perhatian Zidane dalam upaya memperbaiki penampilan Real Madrid di sisa pertandingan musim ini. Beberapa di antaranya terkait dengan cara Zidane mengelola kondisi psikologis skuad Real Madrid yang penuh bintang. Mengoptimalkan performa pemain tertentu tanpa mengecilkan peran pemain lain menjadi tugas yang cukup berat. Tugas tersebut telah gagal dilaksanakan oleh Rafael Benitez di paruh pertama musim ini.

Beberapa Elemen Penting Memperbaiki Performa Real Madrid

Zinedine Zidane sepertinya akan lebih fokus pada seorang Gareth Bale. Penyerang asal Wales tersebut kini memang tengah berada di puncak performanya; meski ia juga pernah tampil sangat baik saat masih berseragam Tottenham Hotspur. Namun saat ini merupakan puncak performa Bale semenjak datang ke Spanyol. Produktivitas gol Gareth Bale terbilang sangat baik; ia mencetak 13 gol di 15 pertandingan La Liga yang dijalani ditambah dengan membuat 8 assist. Sebuah catatan yang sangat baik untuk pemain yang bermain di tim yang gagal menampilkan permainan terbaik. Sangat penting bagi Zidane untuk memastikan Bale dalam kondisi fit secara fisik dan siap secara mental di setiap pertandingan. Harus diakui bahwa Real Madrid kehilangan kecepatan, energi dan kemampuan duel udara ketika Bale tidak bermain.

Mengembalikan konsistensi Cristiano Ronaldo merupakan hal lain yang wajib dilakukan Zidane. Performa Ronaldo musim ini masih terbilang baik; hanya saja seringkali kurang konsisten dari pekan ke pekan. Masalah kecemburuan pada Gareth Bale yang ternyata berharga lebih mahal dari Ronaldo sempat mengemuka; namun hingga kini tidak terbukti mempengaruhi performa dan kontribusi Ronaldo bagi tim. Catatan 11 gol di Liga Champions Eropa terlihat mengesankan; namun kegagalan Ronaldo mencetak gol saat 2 kali melawan Paris Saint Germain pantas memicu keresahan karena Ronaldo hanya banyak mencetak gol saat melawan Malmo dan Shakhtar Donetsk. 16 gol di La Liga juga tidak buruk; namun Ronaldo tidak mencetak gol saat Real Madrid bertemu Barcelona, Sevilla, Athletic Bilbao, Atletico Madrid, Valencia dan Villarreal. Ronaldo hanya mencetak gol saat bertemu tim – tim lemah.

Ronaldo sepertinya mengalami ketergantungan pada dukungan dari Toni Kroos, Luca Modrid, Isco, James Rodriguez, Benzema dan Bale. Ketika para pemain tersebut bermain baik; maka Ronaldo akan tampil tajam dan produktif. Namun saat salah satu atau lebih dari pemain – pemain tersebut bermain buruk; maka Ronaldo menjadi tidak lagi efektif. Masalah lain yang harus diselesaikan Zidane ada di lini belakang; Sergio Ramos yang menurun dan cedera menjadi masalah yang mengurangi ketangguhan lini belakang Real Madrid. Zidane juga harus tegas dan hati – hati ketika harus memilih Dani Carvajal atau Danilo di posisi bek sayap kanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *