Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Keunikan pada Pertandingan Final UEFA Champion League

Keunikan pada Pertandingan Final UEFA Champion League  – Banyak sekali di antara kita yang membahas tentang liga Champions Eropa, tetapi tidak ada salahnya juga kita membahas sedikit dan mengulas kebelakang tentang para juara UEFA Champions League ini.

Seperti yang kita ketahui dan orang banyak ketahui bahwa liga Champions Eropa adalah kompetisi klub eropa terbesar dan terpopuler yang ada di eropa.

Keunikan pada Pertandingan Final UEFA Champion League

Keunikan pada Pertandingan Final UEFA Champion League 

Dari awal kompetisi ini bermulai yaitu pada musim 1955-1956 sampai 2014-2015 sudah terjadi 60 kali kejuaraan dan diadakan setiap tahun di berbagai negara di eropa. Sejak kompetisi ini diselenggarakan, ternyata ada 5 kali final liga champions yang terjadi dengan negara asal yang sama. Pertandingan itu adalah pada tahun 2000 dan 2014 yang bertanding antara tim asal Spanyol, tahun 2003 tim asal Italia, tahun 2008 tim asal Inggris dan 2013 tim asal Jerman.

Lebih detail lagi, bahwa pada tahun 2000 terjadi pertandingan antara tim asal Spanyol yaitu Real Madrid melawan Valencia dengan kemenangan Real Madrid yaitu skornya 3-0, partai final ini diadakan di Stadion Stade de France, Saint-Denis di Prancis. Pencetak gol dari Real Madrid yaitu Morientes di menit ke 39, McManaman di menit ke 67 dan Raul Gonzalez di menit ke 75. Pada kompetisi tahun 2000, pemain Real Madrid McManaman dari Inggris terpilih menjadi pemain terbaik.

Lalu pada tahun 2003, terjadi pertandingan antara tim asal Italia yaitu AC Milan dan Juventus dengan kemenangan AC Milan lewat adu penalti 3-2. Pertandingan ini diselenggarakan di markas Manchester United yaitu di Stadion Old Trafford, pertandingan ini dipimpin oleh wasit asal Jerman yaitu Markus Merk, pemain terbaik pada kompetisi liga Champions tahun ini adalah Polo Maldini dari AC Milan.

Kemudian, pada tahun 2008 terjadi pertandingan antara tim asal Inggris, yaitu Manchester United dan Chelsea lewat adu penalti juga, tetapi dengan skor 6-5 atas kemenangan Manchester United. Pertandingan ini dilaksanakan di Stadion Luzhniki, Moscow, Russia.

Selanjutnya, pada tahun 2013 terjadi pertandingan sengit antara dua tim asal Jerman, yaitu Bayern Munchen dan Borussia Dortmund dengan kemenangan Bayern Munchen 2-1. Pertandingan ini dilaksanakan di stadion kebesaran Britania Raya yaitu Wembley di London Inggris sedangkan pencetak gol dari Munchen adalah Mandzukic di menit ke-60 dan Robben di menit ke-89, sedangkan gol balasan dari Borussia Dortmund dicetak oleh Gundogan di menit ke 68 lewat eksekusi penaltinya.

Terakhir pada tahun 2014 terjadi pertandingan antara dua tim asal negeri Matador Spanyol, yaitu pertandingan antara Real Madrid dan Atletico Madrid dengan kemenangan Real Madrid 4-1 lewat perpanjangan waktu setelah bermain imbang 1-1 di akhir babak kedua (menit ke-90). Pertandingan ini dilaksanakan di Portugal tepatnya di Estadio da Luz di Lisbon. Gol dari pertandingan ini dicetak oleh Sergio Ramos di menit ke 90+3, Bale di menit ke-110, Marcelo di menit ke-118 dan Ronaldo di menit ke 120, sedangkan gol balasan dari Atletico Madrid lahir dari Godin di menit ke 36. Dan itu adalah kemenangan terakhir Real Madrid di kompetisi terbesar di benua biru itu.

Sedangkan pada tahun 2014 ini adalah pertandingan final liga champions UEFA pertama yang dilakukan oleh dua klub yang berasal dari kota yang sama yaitu Kota Madrid. Sementara ini, Spanyol menguasai liga Champions Eropa dengan menjuarai 15 kali juara dan 10 kali runner-up, dan Spanyol mendapatkan 2 gelar beruntun pada 2 musim terakhir ini. Sedangkan di bawah Spanyol, ada italia yang mendapat 12 kali juara dan 15 kali runner-up serta Inggris yang mendapat 12 kali juara dan 7 kali runner up.

Sedangkan negara paling sedikit yang mendapat gelar juara adalah Perancis, Skotlandia, Rumania dan Yugoslavia yang sama-sama mendapat 1 gelar. Rinciannya adalah, dari Perancis yaitu Marseille, dari Skotlandia adalah Celtic, dari Rumania adalah Steaua Bucuresti dan dari Yugoslavia adalah Red Star Belgrade.

Keunikan pada Pertandingan Final UEFA Champion League yang  terakhir adalah Kita mengetahui bahwasannya keperkasaan tim dari Spanyol tidak usah diragukan lagi, meskipun di kompetisi liga BBVA Spanyol hanya ada dua tim terkuat yaitu Barcelona dan Real Madrid, tapi mereka mampu merenggut total 15 gelar yang diraih Spanyol dalam perebutan gelar liga champions eropa sepanjang sejarah. Luar biasa, kedua tim ini memang tidak diragukan lagi dalam hal untuk meraih gelar dan penghargaan. Dan itu tidak terlepas dari aktor kedua klub tersebut, yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Keunikan pada Pertandingan Final UEFA Champion League

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *