Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ternyata Aston Villa Pernah Menjadi Juara Liga Champions Eropa

Ternyata Aston Villa Pernah Menjadi Juara Liga Champions Eropa – Siapa sangka tim asal Inggris yang satu ini pernah mendapat gelar sebagai juara liga Champions Eropa. Aston Villa, atau biasa dijuluki The Villa ini pernah menjuarai kompetisi terbesar di benua eropa itu.

Ternyata Aston Villa Pernah Menjadi Juara Liga Champions Eropa

Kejadian itu terjadi pada saat musim 1981-1982 dimana manager mereka ketika itu yaitu Tony Barton sukses membawa the Villians Aston Villa merenggut juara kompetisi Liga Champions Eropa.

Waktu itu mereka melawan tim asal Jerman yaitu Bayern Munchen dengan skor 1-0. Saat ini hanya tim-tim yang betul-betul berkualitas yang dapat mengalahkan Bayern Munchen. Berkat asuhan tangan dingin dari Tony Barton lah Aston Villa meraih gelar yang sangat bergengsi itu, yang mana saat ini sudah lebih dari 3 tahun terkakhir ini tidak pernah diraih oleh tim asal Primer League.

Untuk saat ini liga Inggris atau tim dari Inggris baru mengoleksi 12 gelar liga Champions dengan 4 klub berbeda, yaitu Aston Villa, Liverpool, Manchester United dan Chelsea. Jika kita melihat sejarahnya, Aston Villa merupakan klub yang berdiri pada tahun 1874 dan salah satu klub tertua dari liga Inggris dan termasuk tim yang sangat sukses dalam kancah sepakbola dunia.

Tapi Aston Villa juga pernah mengalami masa-masa buruk dan masa-masa sulitnya yaitu Aston Villa terdegradasi alias terdepak dan harus turun kasta ke Divisi Tiga tahun 1971, lalu 1 dekade kemudian mereka meraih gelar juara liga utama Primer Inggris kembali di bawah asuhan Ron Saunders. Aston Villa yang memiliki markas di Villa Park itu meraih prestasi terbaik mereka di akhir abad ke-19 dan awal-awal abad ke-20.

Tetapi jikalau kita melihat sekarang, Aston Villa kini sangat sulit mendapatkan gelar bahkan untuk meraih FA Cup sangat sulit, bahkan dalam 2 pertandingan terakhir ini yaitu pada pertandingan ke 12 dan ke 13, Aston Villa kalah 4 – 0 tanpa balas dari Everton dan kalah lagi atas Watford 3-2 dan sementara ini harus menduduki posisi juru kunci di liga Primer Inggris. Harapan mereka pada lawatan mereka ke kandang Southampton mereka dapat memetik 3 angka, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendongkrak posisi Aston Villa dari posisi juru kunci sementara ini. Asuhan manajer Remi Garde itu tentu menginginkan kemenangan agar paling tidak bertahan di liga utama Primer Inggris dan jangan sampai terdegradasi, Brad Guzan harus menjaga gawangnya agar tidak kebobolan dan kalah terus saat bertanding.

Semua dari pemain harus berusaha semaksimal mungkin demi mencapai hasil yang maksimal pula. Yang uniknya adalah, warna dan motif baju dari Aston Villa hampir mirip dengan konstum yang dimiliki oleh tim asal London yaitu West Ham United. Prestasi terbaik mereka yang terakhir adalah sebagai runner up di Piala Liga Inggris pada tahun 2010 dan mendapat tittle ataupun gelar juara terakhir pada tahun 2001 yang mana ketika itu Aston Villa memenangkan kompetisi Piala Intertoto UEFA. Terakhir kali mereka juara liga Inggris yaitu pada tahun 1981 dan juara terakhir FA Cup, yaitu pada tahun 1957.

Sudah sangat lama para fans menanti gelar juara di kubu Aston Villa. Sedangkan total gelar yang mereka raih adalah 1 kali juara Liga Champions UEFA, 1 kali juara Piala Super Eropa, 1 kali juara Piala Intertoto UEFA, 7 kali juara liga Inggris, 2 kali juara liga divisi satu Inggris, 1 kali juara liga divisi dua Inggris, 7 kali piala FA, 5 kali juara Piala Liga, dan 1 kali juara FA Charity Shield. Jadi total piala dari Aston Villa selama berkompetisi sepakbola adalah 26 gelar, dengan 3 di kompetisi eropa dan 23 di kompetisi domestik.

Sungguh luar biasa bukan? Dan yang harus dilakukan Aston Villa sekarang ini adalah terus memperbaiki diri dan terus menatap laga ke depannya agar mereka tidak menelan kekalahan lagi dan agar mereka mendapat hasil yang positif untuk menaikkan peringkat mereka dari dasar klasemen liga utama Primer Inggris.

Ternyata Aston Villa Pernah Menjadi Juara Liga Champions Eropa dan itu fakta benar. Aston Villa juga harus menunjukkan kepada kita bahwa mereka pernah menjadi Juara Liga Champions Eropa dan itu akan tetap menjadi sejarah, dan semua orang harus tau akan itu. Jayalah kembali Aston Villa, sebagaimana kau pernah meraih UEFA Champions League.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *